Ebook Terbaru :
quran digital

EBOOK LUKISAN PELEBURAN CINTA YANG EROTIK

EBOOK LUKISAN PELEBURAN CINTA YANG EROTIK
JUDUL EBOOK : LUKISAN PELEBURAN CINTA YANG EROTIK
AUTHOR : ABDUL WACHID B.S
BAHASA : INDONESIA
KATEGORI : SASTRA, PUISI
HALAMAN : 25
EBOOK FILETYPE : PDF
EBOOK SIZE : 340 KB
LISENSI : GRATIS 

 

Download Ebook Lukisan Peleburan Cinta yang Erotik, sebuah Puisi Sufi diantara Estetika dan Etika Cinta Ilahiyah

Tentang pemahaman cinta seorang sufi kepada Tuhan, ada kesejajaran pandangan Ruzbihan Baqli dan Ja’far al-Shidiq bahwa pada saat hubungan seorang sufi dan Tuhan di dalam pengalaman mistik, pada saat itulah seorang sufi mengalami ekstase spiritual yang memunculkan ungkapan-ungkapan eskatis (shat }h }iyyah ), seperti pernyataan Abu> Yazi>d, “Mahasuci Aku” (s}ubh}a >ni >), atau ungkapan al- H{alla>j, “Akulah Kebenaran” ( ana al-H{aqq). Shat }h }iyyah merupakan suatu bentuk pengalaman keruhanian seorang sufi yang telah wajd , yaitu seorang yang telah mencapai ekstase mistik dalam peringkatnya yang tinggi.

Keadaan-keadaan ruhani ( ah }wa >l) yang dicapainya memberi peluang kepadanya untuk menangkap suara yang timbul dari kedalaman pengalaman kalbunya berupa ucapan- ucapan yang dalam. Contoh dari pengalaman shat”h}iyyah itu diungkapkan oleh Ja‘fa >r al-S }iddi >q, 1 sebagaimana pengalaman ketuhanan yang dialami oleh Nabi Musa AS di Lembah T }uwa >. Dalam peristiwa itu, Musa melihat semak terbakar, lalu mendapat perintah dari Tuhan agar melepaskan kedua alas kakinya. Pengalaman keruhanian seperti yang dialami Musa itu dapat mengakibatkan seseorang mendapatkan kashf dan kalbunya terisi pengetahuan ketuhanan.

Dalam perkembangannya, pengalaman shat }h}iyyah itu berubah menjadi “pengalaman cinta” sebab semakin dekat seorang sufi terhadap Tuhan, karenanya semakin bertambah cintanya kepada Tuhan. Dalam keadaan demikian, ungkapan bahasa menjadi bahasa cinta, bukan bahasa biasa, melainkan bahasa simbolik puisi yang dapat mengungkapkan sekaligus menandai dekatnya hubungan seorang sufi dengan Tuhannya. Hal itu disebabkan bahwa pengalaman shat }h }iyyah merupakan pengalaman kalbu, karenanya membutuhkan bahasa kalbu pula untuk mewadahinya. Bahasa kalbu tidak bersi deskriptif, melainkan bersifat figuratif yakni melalui bahasa puisi.

Download Ebook Lukisan Peleburan Cinta yang Erotik, klik gambar download dibawah ini
EBOOK LUKISAN PELEBURAN CINTA YANG EROTIK




EBOOK LUKISAN PELEBURAN CINTA YANG EROTIK
Share this article :

Post a Comment

Apabila Link dari Ebook Gratis diatas rusak (Broken Link) mohon beritahukan Admin melalui Kotak Komentar di bawah ini. Sebisa mungkin Link Download Ebook akan segera admin perbaiki. Terima Kasih atas kunjungannya!!

Monggo di Like Fanpagenya gan!!
Matur Nuwun Sing Kathah

Tunggu sampai tombol Like muncul


Klik sembarang atau klik tanda silang [x] untuk menutup
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. BHIEBOOKS - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger