Ebook Terbaru :
quran digital

EBOOK NOVEL MANTRA PENJINAK ULAR (Kuntowijoyo)

JUDUL EBOOK : MANTRA PENJINAK ULAR
AUTHOR : KUNTOWIJOYO
BAHASA : INDONESIA
HALAMAN : 97
JENIS EBOOK : PDF
SIZE EBOOK : 691 KB
LISENSI : GRATIS


DOWNLOAD EBOOK NOVEL MANTRA PENJINAK ULAR : "Sebuah Desa, Sebuah Mitos" Begitulah subjudul Kuntowijoyo mengawali cerita bersambungnya yang dimuat di Kompas mulai ini, berjudul Mantra Pejinak Ular. Menokohkan Abu Kasan Sapari yang dipercaya oleh kalangan terdekatnya sebagai masih keturunan pujangga besar Ronggowarsito, cerita ini berlatar belakang kehidupan sosial berikut dunia batin masyarakat desa di wilayah kebudayaan Jawa, Surakarta, dan sekitarnya, taruhlah sepert i Klaten serta daerah lain yang berasosiasi pada desa-desa di lereng Gunung Lawu, Jawa Tengah.

Dalam setting budaya Jawa berikut warna Islam yang selalu mewarnai karya-karya Kunto, Abu Kasan Sapari bertumbuh dalam suatu proses dial ektik dengan zaman yang terus bergerak, pada kurun waktu kira-kira menjelang akhir abad ke-20. Abu Kasan Sapari mewarisi bakat mendalang dan segala olah batin dari para leluhurnya. Itulah yang membuat seorang tua-datang entah dari mana-tiba-tiba pada suatu hari menemuinya dan mewariskan mantra atau ilmu penjinak ular.

Sebagai dalang, sebagai pegawai kecamatan di de sa di kaki Gunung Lawu, atau sebagai siapa saja manusia Indonesia yang hidup pada periode zaman ini, pasti mengalami, bersentuhan, bertubrukan, atau sedikitnya menjadi saksi, bagaimana mesin politik Orde Baru-Soeharto beroperasi.

Situasi berikut yang dihadapi Abu Kasan Sapari adalah bagaimana Abu, dengan segala pemahamannya yang khas atas dunia, mengha dapi apa yang disebut Kunto sebagai "mesin politik". Si "mesin politik" yang menjadi antago nis mengingatkan bagaimana kekuasaan politik di akhir abad ke-20 Indonesia beroperasi sampai ke desa-desa. Sesuai dengan sifat cerita dan sikap yang dipi lih Kunto di situ, perbenturan antara sebuah pribadi di desa dengan "mesin politik" dilukiskan tidak dalam tabrakan yang seru, namun liris dan menyentuh rasa keadilan.

Kuntowijoyo, kelahiran Bantul, Yogyakarta,  18 September 1943, sejarawan terpandang pengajar di Universitas Gadjah Mada, sudah lama dikenal sebagai penulis yang piawai. Beberapa karyanya, seperti novel Pasar, meraih hadiah Panitia Hari Buku, 1972. Naskah dramanya, Topeng Kayu, mendapat hadiah kedua Dewan Kesenian Jakarta, 1973. Bagi harian Kompas sendiri, Kunto istimewa. Cerpen-cerpennya yang dimuat di harian ini selalu terpilih oleh tim penyeleksi cerpen-cerpen pilihan Kompas baik sebagai cerpen pilihan maupun cerpen terbaik.

Dengan subjudul "Sebuah Desa, Sebuah Mitos" sebagai pembuka cerita bersambungnya kali ini, seperti ada sebuah ancar-ancar, desa yang  hendak digambarkan Kunto barangkali memang hanya akan tinggal sebagai mitos. Kedamaian, keindahan, keluguan, dan kecantikan alami tokoh wanita di situ, konflik politik pada tingkat lokal, semua terpotret seperti sebuah unikum yang tidak bergerak-atau kalau bergerak pun  sangat pelan. Spirit itu menyatu dengan presentasi yang mengalir damai seperti air di sungai dan parit-parit di desa-desa di lereng Gunung Lawu. Selamat menikmati.

Download Ebook Novel Kuntowijoyo ini dengan klik gambar Download di bawah ini





Download Ebook Novel Kuntowijoyo "Mantra Penjinak Ular"



Share this article :

Post a Comment

Apabila Link dari Ebook Gratis diatas rusak (Broken Link) mohon beritahukan Admin melalui Kotak Komentar di bawah ini. Sebisa mungkin Link Download Ebook akan segera admin perbaiki. Terima Kasih atas kunjungannya!!

Monggo di Like Fanpagenya gan!!
Matur Nuwun Sing Kathah

Tunggu sampai tombol Like muncul


Klik sembarang atau klik tanda silang [x] untuk menutup
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. BHIEBOOKS - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger